Selasa, 10 Maret 2015
Nama/NIM: I Gede Kusuma Ary Jaya/1204505034
Jurusan/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Sistem Temu Kembali Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Definisi Search Engine Optimization
Jurusan/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Sistem Temu Kembali Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Definisi Search Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah
satu metode yang mengatasi masalah yang dijabarkan di atas, Search Engine
Optimazation (SEO) adalah kumpulan teknik atau proses yang di gunakan untuk
menjadikan suatu website menjadi lebih mudah diindeks oleh mesin pencari dengan
melakukan optimasi dan modifikasi pada faktor-faktor yang terdapat di dalam webpage
(on page optimization) dan memanfaatkan faktor-faktor yang tidak ada di dalam
webpage tetapi digunakan mesin pencari dalam melakukan perangkingan pada hasil
pencarian (off page optimization).
Sekilas Sejarah Search Engine
Optimization
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine
optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan
spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum
terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya
pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html
situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung
pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara
menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya,
sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal
ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian
baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan
informasi yang relevan dan berkualitas.
Keuntungan Menerapkan Search Engine
Optimization
1. Mendatangkan Traffic yang Banyak
Situs atau blog berada pada halaman satu Search
Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar,
tergantung pada keyword yang user target dan besar kecilnya data hasil
pencarian dari Google Planner.
2. Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang
seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya,
maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah”
kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan
penjualan dari hasil SEO tersebut.
3. Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika
posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan
lebih tinggi.
Cara Kerja Search Engine
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir
semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman
ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk
menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul,
subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web
disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian
selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau
sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman
web itu sendiri Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan
memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks
dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya,
biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang
sebagian teksnya. Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti
Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya. Informasi yang diperlukan
mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru.
SEO atau yang biasa disebut search engine
optimization adalah sebuah teknik pemasaran yang sering dilakukan dalam dunia
bisnis internet yang bertujuan untuk mendatangkan banyak pengunjung secara
tertarget melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Keyword
merupakan hal yang vital dalam SEO. Kesalahan dalam menentukan keyword dapat
berakibat pengunjung tidak melimpah, dan sebaliknya, jika tepat menentukan
keyword dalam SEO akan berdampak signifikan dalam menghasilkan ribuan pengunjung
setiap harinya. Strategi untuk menentukan keyword dalam SEO menjadi hal yang
harus diperhitungkan dalam pesaingan di dunia SEO. Keyword yang berkaitan merupakan
keyword yang memiliki makna hampir sama dengan keyword utama. Untuk melakukan
pencarian sinonim, penulis menggunakan berbagai tool, antara lain dari gorank.com
atau menggunakan kamus dan software translator lainnya.
Dengan melakukan serangkaian teknik optimasi
tersebut diharapkan suatu website bisa menduduki posisi terbaik di hasil pencarian.
Ada pun posisi terbaik adalah posisi yang mudah ditemukan orang dalam suatu
kalimat pencarian. Biasanya posisi yang sering dikunjungi orang adalah antara halaman
1 (lebih dominan) sampai halaman 3. Jika sampai halaman tersebut pengunjung
belum mendapat informasi yang dibutuhkannya, maka ia akan beralih menggunakan
kalimat pencarian lainnya. Untuk itulah bisa berada di posisi tersebut
merupakan suatu target jika menggunakan teknik SEO ini. Terlebih bisa berada di
Page 1 apalagi sampai peringkat 3 besar, pasti akan mendapatkan banyak
kunjungan dari mesin pencari.
Software yang dapat digunakan dalam
Search Engine Optimization
1. Adobe Dreamweaver CS3
Adobe Dreamweaver CS3 adalah software yang berguna
untuk mendesain web visual yang mempunyai keunggulan WYSIWYG (What You See Is
What You Get) ini tidak harus berurusan dengan tag-tag HTML untuk membuat
sebuah web. Dreamweaver tidak hanya digunakan untuk menuliskan text-text HTML,
namun juga dapat mendesain halaman web yang interaktif. Adobe Dreamweaver CS3
juga mendukung berbagai bahasa pemprograman web seperti PHP.
2. Web Browser
Web browser adalah sebuah aplikasi yang berguna
untuk menjelajahi internet, menampilkan informasi dari suatu alamat situs web,
baik itu tulisan, gambar bahkan saat ini teknologi web browser yang sudah diperbaharui
mampu untuk menampilkan animasi, video klip hingga film berdurasi panjang.
Unsur Pendukung Penerapan SEO
1. On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi
halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget
kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai
relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit
backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google. Dasar yang harus
diterapkan dalam On Page SEOadalah:
a. Title Tag
Title Tag mirip seperti judul pada
suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh
search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting
maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting
tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
b. Meta
Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu
halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan, agar meta description
terlihat menggoda dan menarik trafik, perlu memodifikasinya dengan menggunakan
plugin SEO. Berikut gambar contoh Meta Description.
c. URL
URL singkatan dari Uniform Resource
Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang
digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di
Internet.
d. Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau
sub-judul dalam sebuah dokumen html.
e. Link to
Authority Site
Link to Authority Site merupakan
sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs–situs terpercaya/yang
dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook, dan lain-lain.
2. SEO OFF PAGE
Off-page SEO adalah aktifitas atau teknik SEO yang
dilakukan diluar blog atau website tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan
dalam off-page SEO ini, antara lain :
a. Exchange Link atau Bertukar Link dengan
blog lain.
b. Mensubmit blog ke search engine .
c. Mendaftarkan blog ke Web atau blog
directory misal DMOZ.org.
d. Mendaftarkan
blog ke social bookmark misal Technorati, digg, Del.cio.us dll.
e. Mendaftarkan
blog atau website ke social media misal myblog atau blogcatalog.
f. Memasang
iklan di iklan baris.
g. Memasang
iklan pada blog atau web yang bertrafik tinggi dan ber PR (Page Rank) tinggi.
h. Mensubmit
pillar artickel ke beberapa article directory.
i. Bergabung
ke beberapa forum diskusi.
Komponen-komponen Diagram
SEO
Komponen komponen SEO mulai dari On page untuk
Keyword Research (analisa keyword) fungsi analisa keyword adalah untuk
memenangkan kompetisi keyword yang banyak dicari dan untuk mentargetkan keyword
untuk visitor, menambah kekuatan dari on page diberi backlink anchor text untuk
lebih memperkuat keyword target dari jumlah backlink yang berkualitas, untuk
mencapai keyword yang tertujuh dan membuat website yang kualitasnya yang sangat
baik, yang bisa disukai user betah lama-lama di website tersebut.
Contoh Implementasi Mengoptimasi Website di Situs Pencarian Google dan Yahoo
Proses implementasi yang dilakukan dalam
mengoptimasi website di situs pencarian Google dan Yahoo yaitu :
1. Dengan
cara mendaftarkan situs website terlebih dahulu ke situs pencarian google dan
Yahoo atau Langsung ke website submit URL Web ke beberapa search engines http://www.submitexpress.com/free-submission.html
Kemudian
setelah didaftarkan ke layanan submit search engine maka langkah selanjutnya
mendaftarkannya di Google webmaster. Sesudah mendaftar dan memasukkan
website/blog tersebut kemudian submit sitemap untuk website dengan format XML,
bila menggunakan platform CMS wordpress bisa menggunakan Plugins Google Sitemap
XML bisa didownload melalui (http://wordpress.org/extend/plugins/google-sitemap-generator/).
2. Proses
yang kedua adalah mengoptimasi website tersebut dengan cara pengujian yang
telah disebutkan di bab ke-tiga yaitu SEO basic. Dengan memperbaiki meta
tag,membuat beberapa keyword atau kata kunci,struktur website dan lain
sebagainya.
3. Proses
yang ketiga adalah dengan mendaftarkan website ke situs statstik visitor untuk
mengetahui statistic atau dapat dijadikan data untuk melihat pengunjung website
dari Negara mana saja,berapa jumlah pengunjung dan presentase kunjungan
perhari, disini penulis memakai webmaster tools yaitu histats.com dan extremetracking.com.
4. Proses
keempat adalah memonitoring website setiap hari, berguna untuk melihat data
berada pada posisi berapa dan di halaman ke berapa di situs pencarian atau sama
sekali tidak ada.
Referensi
ANALISA DAN
IMPLEMENTASI SEO (Search Engine Optimization) KONTEN WEBSITE UNTUK
ALGORITMA GOOGLE PANDA DAN YAHOO oleh Firman Dwi Prasetyo JURUSAN TEKNIK
INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM, YOGYAKARTA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar