Selasa, 10 Maret 2015

Search Engine Optimization

Nama/NIM: I Gede Kusuma Ary Jaya/1204505034
Jurusan/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Sistem Temu Kembali Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Definisi Search Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu metode yang mengatasi masalah yang dijabarkan di atas, Search Engine Optimazation (SEO) adalah kumpulan teknik atau proses yang di gunakan untuk menjadikan suatu website menjadi lebih mudah diindeks oleh mesin pencari dengan melakukan optimasi dan modifikasi pada faktor-faktor yang terdapat di dalam webpage (on page optimization) dan memanfaatkan faktor-faktor yang tidak ada di dalam webpage tetapi digunakan mesin pencari dalam melakukan perangkingan pada hasil pencarian (off page optimization).

Sekilas Sejarah Search Engine Optimization
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Keuntungan Menerapkan Search Engine Optimization
1.       Mendatangkan Traffic yang Banyak
Situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang user target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
2.       Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3.       Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.

Cara Kerja Search Engine
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya. Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru.

SEO atau yang biasa disebut search engine optimization adalah sebuah teknik pemasaran yang sering dilakukan dalam dunia bisnis internet yang bertujuan untuk mendatangkan banyak pengunjung secara tertarget melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Keyword merupakan hal yang vital dalam SEO. Kesalahan dalam menentukan keyword dapat berakibat pengunjung tidak melimpah, dan sebaliknya, jika tepat menentukan keyword dalam SEO akan berdampak signifikan dalam menghasilkan ribuan pengunjung setiap harinya. Strategi untuk menentukan keyword dalam SEO menjadi hal yang harus diperhitungkan dalam pesaingan di dunia SEO. Keyword yang berkaitan merupakan keyword yang memiliki makna hampir sama dengan keyword utama. Untuk melakukan pencarian sinonim, penulis menggunakan berbagai tool, antara lain dari gorank.com atau menggunakan kamus dan software translator lainnya.
Dengan melakukan serangkaian teknik optimasi tersebut diharapkan suatu website bisa menduduki posisi terbaik di hasil pencarian. Ada pun posisi terbaik adalah posisi yang mudah ditemukan orang dalam suatu kalimat pencarian. Biasanya posisi yang sering dikunjungi orang adalah antara halaman 1 (lebih dominan) sampai halaman 3. Jika sampai halaman tersebut pengunjung belum mendapat informasi yang dibutuhkannya, maka ia akan beralih menggunakan kalimat pencarian lainnya. Untuk itulah bisa berada di posisi tersebut merupakan suatu target jika menggunakan teknik SEO ini. Terlebih bisa berada di Page 1 apalagi sampai peringkat 3 besar, pasti akan mendapatkan banyak kunjungan dari mesin pencari.

Software yang dapat digunakan dalam Search Engine Optimization
1.       Adobe Dreamweaver CS3
Adobe Dreamweaver CS3 adalah software yang berguna untuk mendesain web visual yang mempunyai keunggulan WYSIWYG (What You See Is What You Get) ini tidak harus berurusan dengan tag-tag HTML untuk membuat sebuah web. Dreamweaver tidak hanya digunakan untuk menuliskan text-text HTML, namun juga dapat mendesain halaman web yang interaktif. Adobe Dreamweaver CS3 juga mendukung berbagai bahasa pemprograman web seperti PHP.
2.       Web Browser
Web browser adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk menjelajahi internet, menampilkan informasi dari suatu alamat situs web, baik itu tulisan, gambar bahkan saat ini teknologi web browser yang sudah diperbaharui mampu untuk menampilkan animasi, video klip hingga film berdurasi panjang.

Unsur Pendukung Penerapan SEO
1.       On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google. Dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEOadalah:
a.       Title Tag
       Title Tag mirip seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.

b.        Meta Description
 Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik,  perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO. Berikut gambar contoh Meta Description.
c.        URL
 URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
d.        Heading
         Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html.
e.        Link to Authority Site
 Link to Authority Site merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs–situs terpercaya/yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook, dan lain-lain.
2.        SEO OFF PAGE
Off-page SEO adalah aktifitas atau teknik SEO yang dilakukan diluar blog atau website tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam off-page SEO ini, antara lain :
a. Exchange Link atau Bertukar Link dengan blog lain.
b. Mensubmit blog ke search engine .
c. Mendaftarkan blog ke Web atau blog directory misal DMOZ.org.
d. Mendaftarkan blog ke social bookmark misal Technorati, digg, Del.cio.us dll.
e. Mendaftarkan blog atau website ke social media misal myblog atau blogcatalog.
f. Memasang iklan di iklan baris.
g. Memasang iklan pada blog atau web yang bertrafik tinggi dan ber PR (Page Rank) tinggi.
h. Mensubmit pillar artickel ke beberapa article directory.
i.  Bergabung ke beberapa forum diskusi.

Komponen-komponen Diagram SEO

Komponen komponen SEO mulai dari On page untuk Keyword Research (analisa keyword) fungsi analisa keyword adalah untuk memenangkan kompetisi keyword yang banyak dicari dan untuk mentargetkan keyword untuk visitor, menambah kekuatan dari on page diberi backlink anchor text untuk lebih memperkuat keyword target dari jumlah backlink yang berkualitas, untuk mencapai keyword yang tertujuh dan membuat website yang kualitasnya yang sangat baik, yang bisa disukai user betah lama-lama di website tersebut.

Contoh Implementasi Mengoptimasi Website di Situs Pencarian Google dan Yahoo
Proses implementasi yang dilakukan dalam mengoptimasi website di situs pencarian Google dan Yahoo yaitu :
1.      Dengan cara mendaftarkan situs website terlebih dahulu ke situs pencarian google dan Yahoo atau Langsung ke website submit URL Web ke beberapa search engines http://www.submitexpress.com/free-submission.html
       Kemudian setelah didaftarkan ke layanan submit search engine maka langkah selanjutnya mendaftarkannya di Google webmaster. Sesudah mendaftar dan memasukkan website/blog tersebut kemudian submit sitemap untuk website dengan format XML, bila menggunakan platform CMS wordpress bisa menggunakan Plugins Google Sitemap XML bisa didownload melalui (http://wordpress.org/extend/plugins/google-sitemap-generator/).
2.      Proses yang kedua adalah mengoptimasi website tersebut dengan cara pengujian yang telah disebutkan di bab ke-tiga yaitu SEO basic. Dengan memperbaiki meta tag,membuat beberapa keyword atau kata kunci,struktur website dan lain sebagainya.
3.       Proses yang ketiga adalah dengan mendaftarkan website ke situs statstik visitor untuk mengetahui statistic atau dapat dijadikan data untuk melihat pengunjung website dari Negara mana saja,berapa jumlah pengunjung dan presentase kunjungan perhari, disini penulis memakai webmaster tools yaitu histats.com dan extremetracking.com.
4.    Proses keempat adalah memonitoring website setiap hari, berguna untuk melihat data berada pada posisi berapa dan di halaman ke berapa di situs pencarian atau sama sekali tidak ada.



Referensi
ANALISA DAN IMPLEMENTASI SEO (Search Engine Optimization) KONTEN WEBSITE UNTUK ALGORITMA GOOGLE PANDA DAN YAHOO oleh Firman Dwi Prasetyo JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM, YOGYAKARTA

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Wordpress Gadgets Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/04/menambahkan-widget-sosial-bookamrking.html#ixzz2DZHFHdWl